Kekalahan telak atas Persebaya nodai pesta kemenangan Bali United

Blogging

Jakarta (ANTARA) – Kekalahan dari Persebaya Surabaya dengan skor telak 0-3 pada pekan ke-33 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Kota Denpasar, Jumat malam, menodai pesta kemenangan Bali United sebagai juara Liga 1 2021/2022.

Serdadu Tridatu dipastikan tampil sebagai juara Liga 1 2021/2022 setelah pada pekan yang sama Persib mencatatkan hasil imbang melawan Persik Kediri sehingga tak mampu mengejar ketertinggalan poin dari Bali United.

Pada pertandingan Bali United melawan Persebaya, tiga gol Bajul Ijo dicetak oleh Bruno Moreira melalui tendangan penalti dan dua gol Samsul Arif dicetak di babak kedua.

Baca juga: PSM Selamat dari Degradasi Usai Kalahkan Persiraja 1-0

Kedua tim sudah saling menekan sejak awal pertandingan dengan serangan yang menciptakan peluang pertama bagi Persebaya melalui Samsul Arif, meski belum maksimal.

Setelah itu, Bali United menggantikan tekanan dan mendominasi pertandingan dengan beberapa peluang bagus, seperti Sidik Saimima dan Ilija Spasojevic, namun masih belum memecah kebuntuan.

Pada menit ke-23, Bali United melalui Eber Bessa mendapat peluang dengan tembakan mendatar, namun kiper Persebaya Ernando Ari masih mampu mengamankan gawangnya.

Baca juga: Hasil Seri Melawan Persik Kediri Kubur Harapan Juara Persib Bandung

Beberapa kali, Bali United yang masih mendominasi pertandingan mencoba mengirimkan serangan ke pertahanan Persebaya, namun belum mampu membobol gawang tim besutan Aji Santoso.

Di bawah tekanan, Persebaya mendapat peluang emas di menit ke-45 melalui Ricky Kambuaya dengan tembakan mendatar, namun kiper Bali United Nadeo Argawinata lebih sigap mengantisipasi sehingga skor kacamata bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Persebaya langsung menggebrak pertahanan tim besutan Stefano Cugurra dengan beberapa peluang, seperti pada menit ke-46 melalui upaya Bruno Moreira meski tak mampu menghasilkan gol.

Pada menit ke-59, Bali United berbalik menyerang melalui Eber Bessa yang menerima umpan dari Andhika Wijaya, namun sundulannya tidak langsung mengarah ke gawang.

Baca juga: Gol Tunggal Slamet Nurcahyo Bawa Madura United Kalahkan Borneo FC

Persebaya mendapat peluang melalui penalti pada menit ke-65 setelah pemainnya, Taisei Marukawa dilanggar, dan Bruno yang ditunjuk sebagai eksekutor dari set piece berhasil membobol gawang Bali United pada menit ke-65 membuat skor menjadi 0- 1.

Pada menit ke-70, Samsul Arif menggandakan skor Persebaya menjadi 0-2, dan Samsul kembali mencetak gol di menit ke-81 dengan memanfaatkan umpan Taissi untuk membuat skor menjadi 0-3.

Bali United terus berusaha mengejar ketertinggalan, namun hingga pertandingan usai mereka tidak memecah kebuntuan sehingga Persebaya akhirnya memenangkan pertandingan dengan tiga gol tanpa balas.

Meski kalah, Bali United tetap memuncaki klasemen Liga 1 2021/2022 dengan 72 poin dan dipastikan juara, sedangkan Persebaya naik ke peringkat tiga dengan 63 poin.

Baca juga: Tokyo Verdy Berencana ke Indonesia Jika Pandemi Sudah Terkendali

Berikut susunan pemain Bali United vs Persebaya:

Bali United:

Nadeo Argawinata; Ricky Fajrin, Willian Silva Costa, Leonard Tupamahu, I Made Andhika, Hariono, Eber Bessa, Moh. Sidik Saimima, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Privat Mbarga.

Pelatih: Stefano Cugurra.

Persebaya Surabaya:

Ernando Ari, Koko Ari, Alie Sesay, Arif Satria, Ady Setiawan, Rachmat Irianto, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan, Taisei Marukawa, Samsul Arif Munip, Bruno Moreira.

Pelatih: Aji Santoso.

Reporter: Zuhdiar Laeis
Redaktur: Aditya Eko Sigit Wicaksono
HAK CIPTA © ANTARA 2022