LaNyalla ajak kades bangkitkan ekonomi warga saat Ramadhan

Blogging

Surabaya (ANTARA) – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak kepala desa (kades) se-Indonesia untuk menggairahkan perekonomian masyarakat melalui momen Ramadhan, seperti menggelar bazar kuliner sebelum berbuka puasa.

“Momentum Ramadhan ini harus dimanfaatkan dengan baik, karena merupakan peluang bagi keluarga untuk menambah pendapatan. Upaya ini juga menjadi salah satu cara agar peredaran uang tidak mengalir ke pengusaha besar, tetapi dinikmati oleh masyarakat biasa,” kata LaNyalla. dalam siaran pers usai kunjungan dapil di Surabaya. , Rabu.

Ia juga mengapresiasi program beberapa desa wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang membuka pasar kuliner Ramadhan. Langkah ini selain membangkitkan ekonomi dari potensi wisata juga dari kuliner.

LaNyalla berharap kelangkaan bahan pokok yang terjadi belakangan ini diharapkan dapat menjadi pemicu kreativitas masyarakat untuk membuat makanan olahan yang dapat dijual kepada konsumen.

Sebab, kata dia, Indonesia memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang bisa diolah dan dikonsumsi.

Baca juga: Ketua DPD Minta Menteri Patuhi Larangan Bicara Penundaan Pemilu

Baca juga: Ketua DPD Ingatkan Pentingnya Data Distribusi Uang Subsidi

“Makanya para kepala desa, mari kita gali potensi ekonomi desa, kembangkan potensi ekonomi skala rumah tangga agar keluarga bisa bertahan dan pangan cukup,” ujarnya.

Diakui LaNyalla, selama ini pemerintah tidak bisa lagi diharapkan merespon jeritan masyarakat melalui kebijakan yang berpihak, makanya masyarakat harus bertahan dengan gerakan inovasi pengolahan pangan.

Bahkan tidak tertutup kemungkinan melalui inovasi kuliner akan muncul berbagai macam makanan yang tidak membutuhkan banyak bahan dasar minyak goreng atau sejenisnya yang saat ini sudah langka.

“Kita tidak bisa menunggu kebijakan pemerintah. Kita harus mencari terobosan, mencari inovasi untuk terus bertahan hidup cukup makanan dan kebutuhan hidup lainnya,” katanya.

Reporter: A Malik Ibrahim
Editor: Chandra Hamdani Noor
HAK CIPTA © ANTARA 2022