Wali Kota Jaksel harap MUI buat terobosan untuk kemaslahatan umat

Blogging

Ke depan ulama  MUI dapat berperan  mengokohkan sendi-sendi akhlakul karimah, etika, dan spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara

Jakarta (ANTARA) – Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat terobosan dan gagasan untuk kemaslahatan umat muslim. 

“Ke depan ulama  MUI dapat berperan  mengokohkan sendi-sendi akhlakul karimah, etika, dan spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara, juga  mencerahkan dan mencerdaskan umat dengan ajaran-ajaran Islam sebagai pedoman,” kata  Munjirin saat menghadiri pengukuhan pergantian antar waktu (PAW) pengurus MUI Kota Jakarta Selatan periode 2022-2025 seperti dikutip dalam siaran pers, Kamis.

Pada acara pengukuhan Pergantian Antar Waktu (PAW) pengurus MUI  Jakarta Selatan periode 2022-2025 ini juga mendaulat KH Ahmad Nawawi Halim sebagai ketua.

Terkait pengurus baru, Munjirin  berharap dapat meningkatkan kerja sama dengan MUI untuk  mengembangkan dakwah hingga pengurusan sertifikasi halal di wilayah Jakarta Selatan.

Munjirin berkeinginan MUI dapat terus berkolaborasi dan istiqomah menghidupkan syiar Islam dan bisa terus berperan aktif  dengan seluruh komponen pemerintah.

“Selain itu, dengan pengukuhan ini diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi dan menyatukan semangat umat beragama,” tutur dia.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) mendorong pengembangan UMKM agar bisa memiliki sertifikasi halal sesuai Undang-undang (UU) no. 33 tahun 2014.

Tujuan UMKM memiliki sertifikasi halal yakni sebagai pemenuhan kebijakan pemerintah untuk pengembangan industri halal, memberikan kenyamanan, keamanan, dan kepastian dalam mengonsumsi produk halal.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan pelaku UMKM tidak perlu khawatir soal  pembiayaan lantaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memberikan layanan sertifikasi halal secara gratis.

“Karena UMKM itu penyokong perekonomian bangsa dan dengan berkembangnya UMKM maka ekonomi warga Jakarta semakin tangguh,” tutur Elisabeth.

Baca juga: Sudin PPKUKM Jaksel bantu UKM naik kelas melalui bimtek HAKI

Baca juga: Pemkot minta MUI Jaksel tingkatkan kolaborasi dengan masyarakat

Baca juga: Anggota DPRD ingatkan MUI DKI soal tupoksinya terkait “cyber army”

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022