Titik kemacetan jalur mudik Lebaran 2022 di Jabar mulai dipetakan

Blogging

Titik kemacetan jalur mudik di Jawa Barat antara lain Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jalan Cagak Nagrek, Kabupaten Bandung, Kawasan Malangbong, Kabupaten Garut, dan Lingkar Gentong.

Bandung (ANTARA) –

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat memetakan beberapa titik kemacetan jalur mudik Lebaran 2022 di Jawa Barat berdasarkan hasil pantauan jalur mudik yang dilakukan 4-5 April 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar A Koswara Hanafi di Bandung, Kamis menjelaskan titik kemacetan jalur mudik di Jabar antara lain Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jalan Cagak Nagrek, Kabupaten Bandung, Kawasan Malangbong, Kabupaten Garut, dan Lingkar Gentong. .

Menurutnya, kemacetan, aktivitas pasar tumpah, dan persimpangan jalan masih menjadi masalah utama penyebab kemacetan dan kemacetan, sehingga perlu dirumuskan strategi penanganan yang lebih intensif.

“Titik-titik krusial di lokasi rawan kemacetan juga dibahas tuntas. Kemudian jalur alternatif yang berbahaya akan kami informasikan kepada masyarakat agar diketahui dan diatur di lapangan demi keselamatan pemudik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kawasan Gerbang Tol Cileunyi menjadi salah satu titik perhatian di setiap musim mudik.

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan PT Jasa Marga untuk mengantisipasi kemacetan di Gerbang Tol Cileunyi dengan menyiapkan exit tol Gedebage KM 149 sebagai solusi untuk mengurangi kepadatan di exit tol Cileunyi.

Selain itu, dia juga menyebutkan masih sedikitnya gerbang yang dioperasikan di Tol Cileunyi yang saat ini dinilai belum cukup untuk melayani kendaraan yang melintas saat mudik nanti.

Pasalnya, volume kendaraan diprediksi jauh lebih tinggi dibandingkan dua tahun lalu.

“Di lapangan ditemukan beberapa permasalahan yang harus dikoordinasikan dan ditekankan oleh penyelenggara angkutan Lebaran,” ujarnya

Ia mengatakan, rangkaian Kegiatan Survei Kesiapan jelang Arus Mudik 2022 juga dilengkapi dengan pengecekan standar pelayanan minimal kendaraan (SPM) dan sistem manajemen keselamatan (SMK) yang dilakukan di Pool Bus Budiman, Pool Bus Karunia Bakti, Singaparna. Terminal Kabupaten Tasikmalaya dan Terminal Garut.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
HAK CIPTA © ANTARA 2022