Pemkab Sidoarjo genjot normalisasi sungai antisipasi banjir

Blogging

minta agar warga tertib, tidak lagi membuang sampahnya di sungai

Sidoarjo (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur terus menggenjot normalisasi sungai sebagai salah satu upaya mengantisipasi bencana banjir di wilayah setempat saat musim hujan.

 

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo Jumat mengatakan saat memasuki musim hujan puluhan sungai di Sidoarjo dikeruk Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkab Sidoarjo.

 

“Ada 86 titik sungai yang dikeruk tahun ini. Pengerukan dilakukan untuk memperlancar arus air dan mencegah supaya tidak meluap,” ujarnya.

Ia mengatakan, pengerjaan normalisasi tahun ini diutamakan untuk sungai yang melewati wilayah padat penduduk.

 

“Dari 86 titik sungai yang dinormalisasi, sebagian sudah rampung. Sebagian lagi masih progres, seperti di Kali Purboyo 1 Desa Grabagan-Desa Modong, Kecamatan Tulangan, Kali Pesawahan, Kecamatan Porong dan sungai di Desa Ganggangpanjang, Kecamatan Tanggulangin,” ujarnya.

 

 

Ia juga meminta masyarakat tidak membuang sampah di sungai karena akan menyebabkan pendangkalan. Selain itu, sampah akan menghambat kelancaran arus air sungai yang menyebabkan air sungai meluap.

 

“Kami juga minta agar warga tertib, tidak lagi membuang sampahnya di sungai. Karena itu jadi penyebab utama pendangkalan dan terhambatnya arus air,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, saat ini sejumlah pompa juga sudah disiagakan di lokasi yang berpotensi terjadinya banjir salah satunya di depan Mal Lippo Plaza, Kali Sidokare, Kali Bluru dan Perumahan BCF.

 

Ia mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo juga siaga 24 jam, termasuk Tagana di bawah koordinasi Dinas Sosial Sidoarjo.

 

“OPD terkait kerja semua, mulai dari Dinas PU BM SDA, BPBD dan Dinas Sosial. Ini sebagai antisipasi pencegahan dan penanganan,” ujarnya.

Kepala Bidang Irigasi dan Pematusan Dinas PU BM SDA, Rizal Asnan mengatakan, pihaknya menargetkan sebelum akhir Desember pengerukan sudah tuntas.

 

“Dari 86 titik itu, mayoritas sudah dikerjakan, ada sebagian yang menunggu proses PAK. Sasaran tahun ini lebih banyak dari sebelumnya, titiknya menyebar merata di 18 kecamatan,” ujar Rizal.

 

 

 

 

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022