Pemkab Garut buka layanan pusat informasi penanganan PMK

Blogging

Garut (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, membuka layanan pusat informasi atau “call center” untuk memberikan informasi dan penanganan cepat terhadap hewan ternak yang terindikasi terjangkit penyakit mulut dan kaki (PMK) agar penularannya tidak meluas.

“Masyarakat kalau ada hal apa saja (tentang kesehatan hewan ternak), ada ‘call center’ yang dibuat oleh Pemda Garut,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menuturkan pemerintah daerah terus melakukan langkah antisipasi dan menangani secara cepat dengan memeriksa langsung kondisi kesehatan hewan ternak khususnya sapi agar tidak terjangkit wabah PMK.

Baca juga: Kementan: PMK tersebar di 15 provinsi dengan kematian 0,36 persen

Kasus PMK di Garut, kata dia, tercatat hampir seribu ekor hewan ternak tersebar di 12 dari 42 kecamatan, namun dari data itu sebagian sudah banyak yang kembali sehat, ada juga masih dalam penanganan.

“Hampir seribu kasus ya,” kata Bupati.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah daerah bersama TNI dan Polri sudah terjun ke lapangan untuk terus memantau setiap perkembangan penularan kasus PMK terhadap hewan ternak seperti sapi.

Menurut dia, penyebarannya cukup cepat, sehingga pemerintah daerah memperketat pendistribusian sapi yang datang dari luar daerah dengan memeriksa kondisi kesehatannya sebelum masuk ke Garut.

Baca juga: Kementan distribusikan obat-obatan dan APD untuk kendalikan PMK

“Jadi kami sudah menyiapkan sejumlah petugas. Ada enam orang dokter hewan,” katanya.

Selain upaya pemerintah daerah, Rudy juga berharap adanya kerja sama dengan masyarakat untuk segera melaporkan ke pusat informasi yang dibuat pemerintah daerah jika ada hewan ternak yang terindikasi terjangkit PMK.

Tanda-tanda sapi terjangkit PMK, kata dia, di antaranya mulut sapi berbuih, tidak mau makan, dan tanda lainnya. Jika menemukan sapi dengan tanda-tanda tersebut hendaknya segera dilaporkan untuk dilakukan pemeriksaan dan diobati agar kembali sehat dan tidak menular ke hewan ternak lainnya.

Baca juga: Masyarakat diminta tak panik terkait wabah PMK pada ternak

“Bisa melaporkan kalau seandainya tiba-tiba sapinya berbuih, sapinya tidak bisa makan, ya itu nanti ada liur yang begitu banyak di dalam mulutnya itu segera lapor,” kata Rudy.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022