Menperin berupaya pikat investasi Jerman dengan PIDI 4.0

Blogging

Saya berharap dengan menunjukkan PIDI 4.0 beserta seluruh fasilitasnya kepada saudara sekalian, kiranya dapat meningkatkan keinginan saudara untuk berinvestasi di Indonesia dan terus mendukung transformasi industri 4.0 di Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berupaya memikat investasi dari Jerman dengan menunjukkan eksistensi Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0)  kepada Delegasi Bisnis Jerman yang berkunjung ke Jakarta.

“Saya berharap dengan menunjukkan PIDI 4.0 beserta seluruh fasilitasnya kepada saudara sekalian, kiranya dapat meningkatkan keinginan saudara untuk berinvestasi di Indonesia dan terus mendukung transformasi Industri 4.0 di Indonesia,” kata Menperin saat menghadiri Pertemuan Delegasi Bisnis Indonesia-Jerman di Gedung PIDI 4.0 Jakarta, Kamis.

Pada acara yang juga dihadiri Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tersebut, Menperin menyampaikan dalam mengembangkan industri manufaktur di Indonesia, pemerintah terus mengakselerasi terjadinya transformasi digital dan keberlanjutan dengan terus membangun infrastruktur pendukung yang lebih baik.

Saat ini, lanjutnya, sektor manufaktur telah menjadi sektor unggulan yang menggerakkan perekonomian nasional dan memberikan kontribusi yang signifikan. Berdasarkan data terakhir pada triwulan I tahun 2022, industri manufaktur memberikan kontribusi sebesar 19,19 persen terhadap PDB Indonesia.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Making Indonesia 4.0. Sejak era Industri 4.0 dimulai, perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai memanfaatkan momentum ini,” ujar Menperin.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak Jerman investasi di industri kendaraan listrik

Saat ini terdapat dua perusahaan Global Lighthouse di Indonesia yaitu Schneider Electric Batam dan Petrosea. Selain itu ada 3 perusahaan National Lighthouse dan 5 perusahaan Industri 4.0 Lighthouse di Indonesia.

“Saya ingin menginformasikan bahwa hari ini kami menambahkan salah satu perusahaan Jerman di Indonesia sebagai perusahaan Industri 4.0 Lighthouse,” ujar Menperin.

Untuk mewujudkan dan mengembangkan implementasi Industri 4.0 Indonesia membangun PIDI 4.0 yang  akan menjadi solusi satu atap untuk penerapan Industri 4.0.

Saat ini PIDI 4.0 telah memiliki 26 mitra kerja, yang terdiri dari 24 perusahaan dan 2 universitas. Baru-baru ini PIDI 4.0 menjalin kolaborasi in dengan Akademi Teknologi DMAG pada ajang Hannover Messe 2022.

“Kerja sama ini akan menguntungkan perusahaan-perusahaan Jerman yang berinvestasi di Indonesia karena kerja sama tersebut akan menghasilkan tenaga kerja industri yang terampil maupun peluang potensial lainnya,” ujar Menperin Agus Gumiwang.

Baca juga: Sambut Presiden Jerman, Menperin beberkan peluang kerja sama industri

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022