Infak, amalan sederhana yang bisa dilakukan setiap hari

Blogging

Jakarta (ANTARA) — Istilah infak berasal dari bahasa Arab yakni anfaqa-yunfiqu yang berarti membelanjakan. Secara khusus, infak diartikan sebagai membelanjakan harta di jalan Allah Swt atau mengeluarkan sebagian harta yang tujuannya untuk kepentingan umat.

 

 

Berikut ini adalah 4 keutamaan infak yang bisa dirasakan seorang muslim:

 

Dicintai Allah SWT

Tujuan utama seorang hamba beribadah adalah untuk mendapatkan Cinta-Nya. Ada banyak cara untuk bisa meraih Cinta-Nya. Berinfak merupakan salah satu bentuk amalan yang bisa dilakukan seorang hamba agar bisa dicintai oleh Allah Swt. Allah Swt mencintai hamba-Nya yang berinfak baik dalam keadaan lapang maupun sempit.

 

Mendapatkan Naungan Allah Swt di Hari Akhir

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa di padang mahsyar kelak, tiada perlindungan atau naungan selain dari perlindungan Allah Swt. Untuk bisa mendapatkan naungan-Nya di hari akhir, berinfak menjadi amalan yang dianjurkan.

 

Menambah Keberkahan Harta yang Dimiliki

Seorang hamba yang menginfakkan harta miliknya di jalan Allah Swt, maka Allah Swt akan memberikan keberkahan terhadap hartanya.

Seorang hamba yang diamanahi dengan kepemilikan harta, sepatutnya menyadari bahwa ada hak orang lain yang membutuhkan di hartanya. Harta yang ia miliki merupakan titipan dari Allah Swt. Tujuannya agar bisa terhindar dari kecintaan berlebihan terhadap harta yang bisa menyengsarakan di dunia dan akhirat.

 

Melipatgandakan Rezeki

Di dalam Alquran Surat Al-Baqarah: 261, Allah Swt menganalogikan balasan terhadap orang yang menginfakkan hartanya seperti biji yang tumbuh sebanyak 7 tangkai lalu dari setiap tangkai tumbuh seratus biji. Sehingga keutamaan bagi orang yang berinfak adalah Allah Swt akan melipatgandakan balasannya hingga 700 kali lipat.

 

Berinfak merupakan bentuk amalan yang selain memiliki dimensi vertikal antara seorang hamba dengan Allah Swt, juga memiliki dampak secara horizontal. Infak bisa membantu saudara kita yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Setelah kita mengetahui keutamaan infak di atas, yuk berinfak agar bisa meluaskan maslahat kepada umat. Rasakan kemudahan berinfak secara online kapan saja dan di mana saja melalui GoAmal.org.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023